KOLEDOKOLITIASIS ADALAH PDF

penyumbatan saluran empedu pada common bile duct. kelainan pankreatobilier yang membutuhkan ektstraksi batu empedu dan pemasangan stent. Kata kunci: ERCP, ikterus, koledokolithiasis, tumor pankreatobilier. Penyebab dari koledokolitiasis bisa berupa adanya batu dari kandung empedu yang bermigrasi dan menyumbat duktus koledukus atau dapat.

Author: Nejinn Tauzshura
Country: Belgium
Language: English (Spanish)
Genre: Sex
Published (Last): 9 July 2008
Pages: 349
PDF File Size: 1.91 Mb
ePub File Size: 17.2 Mb
ISBN: 398-4-51223-233-9
Downloads: 71911
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Gakora

Female, 59 years old, post-cholecystectomy.

koledokolitiasis – PDF Free Download

Pada sebagian besar kasus, kolangiografi dilakukan untuk menentukan patologi biliaris dan penyebab obstruksi saluran empedu sebelum terapi definitif. Ikterus Obstruktif Obstructive Jaundice Documents. Jaundice selalu berhubungan dengan penyakit koledokolitiasia, meskipun hasil akhir jangka panjang bergantung pada penyebab yang mendasari jaundice.

But if there were large or The most frequent abnormality encountered impacted stones that may be be dificult remove, in pancreaticobiliary tract is obstruction, which we just only put biliary stenting.

koledokolitiasis

Gambaran klinik tergantung pada berat dan tingkat radang. Umumnya pasien dengan batu empedu jarang mempunyai keluhan, namun sekali batu koledokplitiasis mulai menimbulkan serangan nyeri kolik yang spesifik maka risiko untuk mengalami komplikasi akan terus meningkat. Dapat ditemukan dua kelainan vaskular yang menjadi karakteristik dari tumor yaitu hipervaskularisasi dari massa tumor neovaskularisasi dan trombosis akibat invasi tumor pembuluh darah.

Jika batu pada duktus empedu kecil, mungkin dapat dibilas ke dalam duodenum dengan mengalirkan saline melalui kateter kolangiografi setelah sfingter Oddi direlaksasikan dengan glukagon.

Sedangkan dapat juga dilakukan pemeriksaan endoskopok ultrasound, transabdominal ultrasound hingga ERCP sebagai pemeriksaan penunjangn untuk memastikan ada tidaknya batu pada duktus koledokus. Available online on Khazanah koledokoliitiasis.

Nyeri dirasakan di daerah pertengahan epigastrium dan biasanya menjalar menembus ke belakang. Terapi berhasil pada separuh penderita dengan pengobatan selama satu sampai dua tahun. Mikrofili juga tampak pada sisi lain sel yang membatasi saluran empedu dan merupakan petunjuk tempat permulaan sekresi empedu. Pembentukan sirosis ini adaalh progressif dan boleh mengakibatkan hati berhenti dari berfungsi.

  BOAZ GANOR PDF

Permukaan adakah berhubungan dengan pars abdominalis oesofagus, gaster, duodenum, fleksura coli dextra, rend extra dan glandula suprarenalis dextra, serta vesica biliaris. Pankreatitis Pankreatitis adalah radang pankreas yang kebanyakan bukan disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, akan tetapi akibat autodigesti oleh enzim pankreas yang keluar dari saluran pankreas. Abses Hati Abses hati merupakan koledokokitiasis pada hati yang disebabkan oleh infeksi bakteri, parasit, jamur, yang berasal dari system gastrointestinal dan bilier yang ditandai dengan proses supurasi dengan pembentukan pus, yang terdiri dari jaringan hati nekrotik, sel inflamasi, dan sel darah dalam parenkim hati.

Mukosa duktus ini berlipat-lipat terdiri dari lipatan, berbentuk spiral yang pada penampang longitudinal terlihat sebagai valvula disebut valvula spiralis Heisteri. Ini memungkinkan pengisian saluran empedu secara lambat dan pemaparan multiple sistem saluran saat sedang diisi.

Risk koledokolitiasix for ERCP study of common bile duct calculi in patients related complications: Cairan Ringer Laktat IV. Pada ERCP, kanul dimasukkan kedalam duktus koledokus dan duktus pankreatikus, kemudian bahan kontras disuntikkan ke dalam duktus tersebut.

Bilirubin ditransportasikan melewati membran sinusoid hepatosit kedalam sitoplasma. Untuk kasus ini keluhan utmanya adalah nyeri hebat yang hilang timbul secara mendadak pada perut kanan atasnya dan menjalar hingga ke punggung kanan sejak 6 jam yang lalu.

Pada penderita ini mungkin dianjurkan litotripsi terlebih dahulu. Obstructive jaundice in macroglobulinemia Documents. Stent placement stent placement in obstructive jaundice 6 in was inserted to handle biliary obstruction. Hepatitis Hepatitis merupakan salah satu infeksi virus pada hepar yang terdiri dari hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D dan hepatitis E.

Hal adslah harus dijaga pada pasien yang mengalami demam beberapa hari setelah operasi. Pada sebagian besar kasus, dekompresi biliaris segera paling baik dilakukan secara non operatif baik dengan jalur endoskopik maupun perkutan. AnamnesisPada anamnesis penderita kolangitis dapat ditemukan adanya keluhan demam, ikterus, dan sakit pada perut kanan atas.

Teknik ini adalah perawatan yang singkat dan dapat kembali beraktifitas dengan normal. Persambungan saluran sistikus dengan saluran empedu harus ditunjukkan secara jelas.

  ENUMA ELISZ PDF

Maka metode ini sangat cocok untuk mendeteksi batu saluran empedu. Migration can occur into manage therapeutic measures, especially in the proximal duct or into the gut.

Kesalahan yang sangat fatal adalah tidak mengetahui cara melakukan transeksi atau ligasi pada duktus.

Charcot ditahun menjelaskan tentang keadaan klinis dari kolangitis, sebagai trias, yaitu demam, ikterus dan nyeri abdomen kuadran kanan atas, yang dikenal dengan Charcot triad. Koledokoltiiasis nyeri berkurang bila pasien duduk membungkuk dan bertambah bila terlentang. Pengenalan dan pengobatan diri Pada kasus kolangitis dibutuhkan pengobatan koledokoiltiasis secara dini dan diikuti dengan drainase yang tepat serta dekompresi traktus biliaris. Komplikasi yang berhubungan dengan pemakaian aadlah pada pasien yang diterapi dengan perkutaneus atau drainase endoskopik adalah: Jika kandung empedu mengandung batu kecil atau lumpur, saluran sistikus diikat dengan jahitan atau klem tunggal pada tempat keluarnya dari kandung empedu, untuk mencegah batu atau lumpur masuk ke dalam saluran koledoiolitiasis selama diseksi.

Juga dapat dilihat kandung empedu yang menebal karena fibrosis atau edema karena peradangan maupun sebab lain. Jika pasien tidak menunjukkan perbaikan atau malahan memburuk dalam 12 sampai 24 jam pertama, dekompresi biliaris darurat harus dipertimbangkan.

Dari kasus pasien tersebut tidak pernah mengalami keluhan yang sama sebelum ini. Batu Empedu di Duktus Koledokus. Data of prevalence pappyla based on USG results or review of gallstone vateri tumor in Indonesia still not found.

Sejumlah kecil vasa limfe menembus diafragma menuju LN. Untuk kasus koledokolitiasis ini pasien akan ditanyakan oleh dokter untuk mendapatkan data seperti berikut: Lokasi kanula untuk kolesistektomi laparoskopi.